Portal Berita Nasional SERGAP BUSER POS.COM Beserta Seluruh KRU Mengucapkan Selamat Dirgahayu Kemerdekaan 17 Agustus 1945-2020 "MAJU INDONESIA"
Published On: Ming, Des 18th, 2016

Wajib Pekerjakan Tenaga Lokal, DPRD Lubuklinggau Ingatkan Perusahaan

ilustrasi pekerja

JAKARTA, SERGA BUSER POS.com – DPRD Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, minta kepada seluruh perusahaan yang ada di daerah itu agar mempekerjakan tenaga lokal, sesuai imbauan peraturan daerah yang sudah dikeluarkan Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe.

Anggota DPRD Kota Lubuklinggau, Merizal, menjelaskan, Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pemberdayaan dan Penempatan Tenaga Kerja Lokal, setiap perusahaan atau pemberi kerja wajib mempekerjakan Tenaga Kerja Lokal (TKL) sekurang-kurangnya 40 persen dari tenaga kerja yang dibutuhkan.

Dalam Perda Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pemberdayaan dan Penempatan Tenaga Kerja Lokal, hal itu sudah diatur pada Pasal 9 ayat (1) hingga ayat (3). Ayat (1) menyebutkan, setiap pemberi kerja wajib menempatkan tenaga kerja lokal pada lowongan pekerjaan yang ada di perusahaan itu.

Selanjutnya perusahaan setelah lima tahun berjalan minimal mempekerjakan jadi 75 persen sesuai dengan syarat kualifikasi jabatan yang dibutuhkan untuk setiap golongan jabatan.

Ia menambahkan, pada Pasal (2) dalam aturan itu, jika upaya dalam pengisian lowongan tenaga lokal tidak terpenuhi, pemberi kerja diperbolehkan mencari tenaga kerja melalui mekanisme Angkatan Kerja Antara daerah (AKAD) setelah mendapat izin dari Kepala Daerah atau pejabat yang ditunjuk.

Selain itu, mendesak Kepala Badan Satuan Polisi Pamong Praja (Kaban Sat Pol PP) agar segera memberikan kepastian kepada tenaga kontrak Pol PP yang sudah lulus tes dengan memberikan surat keputusan (SK) Walikota.

Khusus membantu menyalurkan pencari kerja yang saat ini terus meningkat, Dinas tenaga kerja setempat juga diminta untuk mensosialisasikan Perda itu ke seluruh perusahaan yang ada di Kota Lubuklinggau, khususnya sektor perhotelan karena dalam waktu dekat sebagian besar bangunan hotel di wilayah itu akan beroperasi.

“Hal itu sudah kami sampaikan pada rapat dengan pendapat antara DPRD dengan para pimpinan perusahaan belum lama ini, bahwa perusahaan setempat belum mengetahui adanya perda tentang tenaga kerja tersebut,” kata dia, Kamis (14/7).

Pemerintah Kota Lubuklinggau melalui Dinas Tenaga Kerja gencar melakukan sosialisasi terhadap Perda No.4 Tahun 2015 itu, karena sebentar lagi perusahaan-perusahaan besar akan beroperasi sementara Perda itu belum tersosialisasi dengan maksimal.

“Kita khawatir jika Perda No.4 Tahun 2015 itu tidak tersosialisasi secara maksimal, maka perusahaan tersebut akan merekrut tenaga kerja dari luar Kota Lubuklinggau,”

“Dengan demikian harus dikebut untuk mensosialisasikan Perda tersebut, sehingga ketika perusahaan itu beroperasi bisa menyerap tenaga kerja lokal, akhirnya bisa mengurangi angka pengangguran,” tandasnya.(ant)

Tentang Kami

- Portal Berita Nasional www.sergapbuserpos.com Untuk saat ini kami baru menerbitkan media online SERGAP BUSER POS.com yang di Terbitkan oleh : - - - PT. TRISULA INTER MEDIA - - - Hati-Hati Untuk Para Plagiat...!!! Aturan Hukum Plagiarisme di Indonesia, Penjiplak Bisa Digugat ! Sudah Diatur Dalam Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014. "Dalam Undang-Undang Hak Cipta, plagiarisme ini dijabarkan lagi dalam beberapa istilah seperti mengumumkan, mempublikasikan, atau menjual hasil karya orang lain tanpa seizin dari pemilik karya tersebut, Secara hukum, jika terbukti sebuah karya adalah karya plagiat, bisa dilakukan penuntutan karena termasuk dalam tindakan pidana"

Komentar Anda Dibawah

Kirim Pesan Anda : :

KESEMPATAN.....SERGAP BUSER POS.COM Bagi Pemuda-Pemudi Suka Tantangan Kami Perusahaan Media Massa Membuka Peluang Karier Wartawan/Jurnalis/Biro Untuk Ditempatkan di Seluruh Daerah Indonesia Silakan Hubungi 0811 78 000 57

GRATIS BERLANGGANAN, KLIK


Kesempatan KARIER Wartawan/Jurnalis/Biro untuk Ditempatkan di Seluruh Daerah Indonesia


Media Massa Online

SERGAP BUSER POS.COM

Untuk Lebih Jelas Silakan Hubungi

REDAKSI 0811 78 000 57


WASPADA!!! : Wartawan/Reporter SERGAP BUSER POS.com Selalu Dibekali Press Card (Kartu Pers) dan Perlu Diperhatikan Namanya Tercantum di BOX REDAKSI. Apabila Mengaku-ngaku Sebagai Wartawan SERGAP BUSER POS.com dan Namanya Tidak TERCANTUM Serta Menyalahgunakan Demi Keuntungannya Silahkan Menghubungi REDAKSI via Hp : 0852 7998 6145 atau LAPORKAN ke Pihak BERWAJIB Kami Siap Mendukung. Bila Perlu Minta Yang Bersangkutan Membuka BOX REDAKSI SERGAP BUSER POS.com dan Menunjukan Namanya Tercantum. Terima Kasih Atas Perhatian dan Kerjasamanya