Portal Berita Nasional SERGAP BUSER POS.COM Beserta Seluruh KRU Mengucapkan Selamat Dirgahayu Kemerdekaan 17 Agustus 1945-2020 "MAJU INDONESIA"
Published On: Rab, Jan 24th, 2018

Stok Beras Empat Lawang 2018 Hanya 3 Ton

EMPAT LAWANG,SBP.com – Kabupaten Empat Lawang, tahun 2018 ini ternyata hanya memiliki stok pangan sebanyak 3 ton. Padahal, sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Empat Lawang Nomor 27 Tahun 2017 tentang Penyedian dan Penyaluran Pangan Pokok Daerah, kabupaten ini seharusnya menyediakan stok pangan sebanyak 100 ton per tahun, namun tahun anggaran 2018 ini diproyeksikan minimal 60 persen dari kebutuhan tersebut.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Empat Lawang, Marwan Effendy, saat dikonfirmasi wartawan membenarkan, minimnya stok pangan yang dimiliki kabupaten ini. Pihaknya, lanjut dia, saat pengajuan anggaran lalu, sudah mengajukan untuk stok pangan seminimal mungkin dari kebutuhan yang seharusnya dimiliki Kabupaten Empat Lawang sepanjang tahun 2018.

“Kita hanya ajukan 10 ton saja dari kebutuhan yang seharusnya 60 ton, namun hanya disetujui 3 ton. Tentu ini jauh dari kata cukup untuk stok pangan yang harus kita miliki,” ungkap Marwan, Senin (22/1/2018).

Selanjutnya, kata Marwan, pihaknya akan kembali mengajukan anggaran stok pangan pada bahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2018 mendatang. “Sebab, ketersediaan stok pangan merupakan kewajiban bagi setiap daerah, termasuk Kabupaten Empat Lawang,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, lanjutnya, tidak mungkin hanya mengandalkan ketersedian Bantuan Persedian Stok (Baperstok) yang dimiliki provinsi. Sebab, rentan jarak antara pemerintah provinsi dengan Kabupaten Empat Lawang cukup jauh dan memerlukan waktu yang cukup lama jika terjadi keadaan darurat di dalam wilayah Kabupaten Empat Lawang.

“Salah satu kewajiban pemerintah, menjamin ketersedian pangan bagi rakyatnya. Kalau hanya mengandalkan Baperstok dari provinsi, tentu memerlukan waktu tempuh jika sewaktu-waktu terjadi keadaan darurat,” tegasnya.

Jika bicara pengedalian ketersedian pangan di pasaran, Marwan memastikan, kondisi ketersedian pangan di pasaran dalam wilayah Kabupaten Empat Lawang cukup aman. Apalagi, tambahnya, pada awal Februari mendatang, beberapa hamparan luas sawah di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati ini segera memasuki musim panen.

“Seperti di Paiker, Lintang Kanan dan Muara Pinang, hamparan luas sawah di tiga kecamatan itu pada Minggu pertama bulan Februari akan panen. Meski saat ini ada yang mulai panen, namun hamparan luas yang akan panen pada bulan Februari,” imbuh nya.(jda)

Tentang Kami

- Portal Berita Nasional www.sergapbuserpos.com Untuk saat ini kami baru menerbitkan media online SERGAP BUSER POS.com yang di Terbitkan oleh : - - - PT. TRISULA INTER MEDIA - - - Hati-Hati Untuk Para Plagiat...!!! Aturan Hukum Plagiarisme di Indonesia, Penjiplak Bisa Digugat ! Sudah Diatur Dalam Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014. "Dalam Undang-Undang Hak Cipta, plagiarisme ini dijabarkan lagi dalam beberapa istilah seperti mengumumkan, mempublikasikan, atau menjual hasil karya orang lain tanpa seizin dari pemilik karya tersebut, Secara hukum, jika terbukti sebuah karya adalah karya plagiat, bisa dilakukan penuntutan karena termasuk dalam tindakan pidana"

Komentar Anda Dibawah

Kirim Pesan Anda : :

KESEMPATAN.....SERGAP BUSER POS.COM Bagi Pemuda-Pemudi Suka Tantangan Kami Perusahaan Media Massa Membuka Peluang Karier Wartawan/Jurnalis/Biro Untuk Ditempatkan di Seluruh Daerah Indonesia Silakan Hubungi 0811 78 000 57

GRATIS BERLANGGANAN, KLIK


Kesempatan KARIER Wartawan/Jurnalis/Biro untuk Ditempatkan di Seluruh Daerah Indonesia


Media Massa Online

SERGAP BUSER POS.COM

Untuk Lebih Jelas Silakan Hubungi

REDAKSI 0811 78 000 57


WASPADA!!! : Wartawan/Reporter SERGAP BUSER POS.com Selalu Dibekali Press Card (Kartu Pers) dan Perlu Diperhatikan Namanya Tercantum di BOX REDAKSI. Apabila Mengaku-ngaku Sebagai Wartawan SERGAP BUSER POS.com dan Namanya Tidak TERCANTUM Serta Menyalahgunakan Demi Keuntungannya Silahkan Menghubungi REDAKSI via Hp : 0852 7998 6145 atau LAPORKAN ke Pihak BERWAJIB Kami Siap Mendukung. Bila Perlu Minta Yang Bersangkutan Membuka BOX REDAKSI SERGAP BUSER POS.com dan Menunjukan Namanya Tercantum. Terima Kasih Atas Perhatian dan Kerjasamanya