Portal Berita Nasional SERGAP BUSER POS.COM Beserta Seluruh KRU Mengucapkan Selamat Menjalankan IBADAH PUASA Tahun 2019
Published On: Sel, Mei 7th, 2019

RSUD Empat Lawang Tidak Layani Berobat Gratis

EMPAT LAWANG, SBP.com – Sejak dihentikannya program JAMSOSKES Semesta mulai tanggal 1 januari 2019 maka pelayanan kesehatan gratis telah dialihkan ke JKN-KIS atau yang lebih dikenal masyarakat dengan sebutan BPJS pemerintah, namun jika masyarakat membutuhkan pelayanan kesehatan dalam keadaan darurat, masyarakat boleh mendaftarkan diri ke Dinas Kesehatan dengan syarat rekomendasi dari Dinas Sosial didaerah masing-masing dan biaya ditanggung APBD pada saat iuran pertama melalui BPJS yang dianggarkan sebagai masa transisi.

Hal tersebut telah tertuang didalam surat edaran Gubernur Sumatera Selatan no 057/SE/Dinkes/2018 namun kenyataannya di RSUD Tebing Tebing Tinggi Empat Lawang pelayanan kesehatan sesuai dengan aturan gubernur Sumatera Selatan di atas tidak berlaku.

Pasalnya sejak edaran gubernur tersebut diberlakukan sampai pada saat ini, masyarakat yang kurang mampu dan berobat ke RSUD Tebing Tinggi tidak dilayani sebagai peserta BPJS JKN KIS akan tetapi kembali ke pengobatan yang jenis pendaftarannya dalam bentuk Umum.

Karena pembiayaan yang dipinta oleh pihak RSUD sangatlah fantastis sebagai contoh pasien yang tidak menginap terkena biaya 300 rb hingga 500 rb, jika menginap selama satu hari satu malam, pembiayaan bisa mencapai 1jt hingga 1,3jt.

Bahkan jika menginap sampai 3 hari 3 malam maka pembiayaan berobat bisa mencapai 3,5 jt. Informasi ini didapatkan oleh wartawan media ini dari beberapa narasumber yang merupakan keluarga pasien yang tidak mau disebutkan namanya di media. Salah satunya yang berinisial N juga mengalami hal yang sama.

Lebih ironis lagi apabila sudah berobat jika masyarakat kurang mampu ini tidak memiliki biaya pada saat itu juga maka pihak RSUD meminta agar pasien atau keluarganya meninggalkan jaminan barang atau surat-surat berharga seperti HP, STNKB aktif, BPKB, KTP dan lain-lain sebagai jaminan sebelum pembiayaan dilunasi dengan memberikan surat jaminan jika sudah siap melunasi biaya berobat maka barang jaminan diatas diberikan kembali tutur N.

Pada saat wartawan media ini mengkonfirmasi Devy selaku Direktur utama RSUD Tebing Tinggi Empat Lawang, mengatakan bahwa pelaksanaan operasional Rumah sakit yang beliau pimpin sudah sesuai SOP, meskipun bukti surat jaminan pembayaran seperti yang dijelaskan diatas sudah ditunjukkan terhadap Direktur, akan tetapi beliau tetap membantah.

“bahwa surat jaminan tersebut berfungsi sebagai pengganti sebelum surat tidak mampu dilengkapi oleh masyarakat yang merupakan keluarga pasien ujar devy. Padahal di dalam surat jaminan tersebut sudah tertera harga atau biaya yang wajib dibayar oleh pasien yang berobat tersebut, bukan surat tidak mampu”ujarnya

Terkait perihal ini menurut Aswanto.SH Karena dikonfirmasi dan tidak mengakui kekeliruannya sesuai bukti pemula yang ada namun tetap tidak mau mengakui berarti orang yang dikonfirmasi tersebut tidak memiliki itikad baik, dan tidak akan memperbaikinya.

Dengan adanya pemberitaan ini, LK, LN, EL, dan banyak lagi peserta baru JKN-KIS lainnya berharap agar pemerintah terkait serta pihak berwenang lainnya dapat menindak tegas perihal ini. (@SH)

Tentang Kami

- Portal Berita Nasional www.sergapbuserpos.com Untuk saat ini kami baru menerbitkan media online SERGAP BUSER POS.com yang di Terbitkan oleh : - - - PT. TRISULA INTER MEDIA - - - Hati-Hati Untuk Para Plagiat...!!! Aturan Hukum Plagiarisme di Indonesia, Penjiplak Bisa Digugat ! Sudah Diatur Dalam Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014. "Dalam Undang-Undang Hak Cipta, plagiarisme ini dijabarkan lagi dalam beberapa istilah seperti mengumumkan, mempublikasikan, atau menjual hasil karya orang lain tanpa seizin dari pemilik karya tersebut, Secara hukum, jika terbukti sebuah karya adalah karya plagiat, bisa dilakukan penuntutan karena termasuk dalam tindakan pidana"

Komentar Anda Dibawah

Kirim Pesan Anda : :

KESEMPATAN.....SERGAP BUSER POS.COM Bagi Pemuda-Pemudi Suka Tantangan Kami Perusahaan Media Massa Membuka Peluang Karier Wartawan/Jurnalis/Biro Untuk Ditempatkan di Seluruh Daerah Indonesia Silakan Hubungi 0811 78 000 57
WASPADA!!! : Wartawan/Reporter SERGAP BUSER POS.com Selalu Dibekali Press Card (Kartu Pers) dan Perlu Diperhatikan Namanya Tercantum di BOX REDAKSI. Apabila Mengaku-ngaku Sebagai Wartawan SERGAP BUSER POS.com dan Namanya Tidak TERCANTUM Serta Menyalahgunakan Demi Keuntungannya Silahkan Menghubungi REDAKSI via Hp : 0852 7998 6145 atau LAPORKAN ke Pihak BERWAJIB Kami Siap Mendukung. Bila Perlu Minta Yang Bersangkutan Membuka BOX REDAKSI SERGAP BUSER POS.com dan Menunjukan Namanya Tercantum. Terima Kasih Atas Perhatian dan Kerjasamanya