Portal Berita Nasional SERGAP BUSER POS.COM Beserta Seluruh KRU Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H 2019 M "Minal Aizin Wa Fa Idzin" (Mohon Maaf Lahir dan Batin)
Published On: Jum, Feb 10th, 2017

Petani Sumsel Akan Mendapat Restorasi Lahan Gambut

PALEMBANG, SERGAP BUSER POS.com – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin menerima Kepala Badan Restorasi Gambut RI Nazir Foead di Griya Agung, Rabu (08/02). Adapun kedatangan Nazir Foead ke Sumsel melaporkan bahwa Indonesia mendapat bantuan dana hibah sekaligus investasi, yang dimana Sumsel menjadi salah satu provinsi yang berkesempatan mendapat restorasi lahan gambut.

Atas diberikannya kesempatan merestorasi lahan gambut di Sumsel, Gubernur Sumsel menyambut baik kesempatan ini, ditambahlagi kalau dilihat dari tujuanya yang sangat baik sekali untuk petani di Sumsel dalam membudidayakan lahan gambut. Dikatakan Alex, Sumsel itu tempat yang tepat untuk budi daya lahan gambut, mengingat 2015 terjadi kebakaran hutan dan lahan,Sumsel 2016 surplus beras 2,5 juta ton. Apalagi kalau ada dana hibah sekaligus investasi diberikan ke Sumsel bisa saja 4 juta ton surplus beras. Tentu saja untuk pemakaian dananya akan digunakan sebaik mungkin.

“Kalau dana itu diserahkan di Sumsel akan ada dua tujuan yang diperoleh antara lain, mencegah kebakaran lahan yang terlantar, bukan tidak mungkin lahan menjadi produktif, dan produksi beras meningkat, bisa saja 2017 surplus beras melonjak hingga 4jt ton,” terangnya

Lanjut Alex, tak hanya itu saja kalau restorasi lahan gambut itu terjadi di Sumsel tentu saja salah satu bentuk yang mampu mewujudkan pecegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumsel. Pemerintah Provinsi Sumsel terus berupaya mencegah karhutla, mengingat di tahun 2017 ini kemarau lebih panas dan lebih panjang, tentunya Pemprov Sumsel akan terus menggiatkan pencegahan karhutla sesiaga mungkin.

“Nah alhamdulillah dapat bantuan dari badan restorasi gambut, tentunya ini membuat semangat lebih dalam mengola lahan, tahun depan itu di Sumsel ada Asian Games dan MotoGP pertama di Indonesia, semua itu tidak akan terlaksana kalau ada kebakaran terjadi,”tegasnya

Dari hasil pertemuannya dengan Gubernur Sumsel Alex Noerdin. Nazir mengungkapkan, Sumsel itu memiliki potensi yang besar terhadap budi daya lahan gambut dan telah dibuktikan dengan pengalamanya. Dana restorasi lahan gambut ini berasal dari dana hibah sekaligus investasi, tujuannya untuk membantu petani di Sumsel dalam meningkatkan produktivitas lahan dan tentu juga akan melebarkan dunia usaha.

“Dengan adanya dana bantuan ini bisa serius mengatasi dan mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumsel.” Harapnya

Dana yang terkumpul saat ini 125 juta Dollar, dan dikombinasikan bersama dana investasi totalnya menjadi setengah miliar dollar.

Sedangkan menurut Kepala Dinas Pertanian, Tanaman, Pangan dan Holtikiltura Provinsi Sumsel, Erwin Noor Wibowo memaparkan, kalau dana hibah sekaligus dana investasi itu di Sumsel, akan dikombinasikan antara produksi dan pengelolaan aset. Sekitar 400.000 hektar lahan di daerah pasang surut itu harus dioptimalkan sebab selama ini potensi lahan terbakar itu ada pada titik lahan suboptimal. Terkait pecegahan karhutla di Sumsel itu salah satunya memproduktivitaskan lahan untuk ditanami, tanpa membakar lahan sama sekali, ini bertujuan untuk mengantisipasi pembakaran lahan, dengan begitu lahan tidak dibiarkan terbengkalai, yang dimana menyebabkan ditumbuhi semak belukar yang ujungnya akan dibakar kembali saat pengolahan lahannya.

“Bantuan hibah ini lebih dititikberatkan terhadap perbaikan insfratruktur dalam hal ini seperti jaringan irigasi, melengkapi alat produksi pertanian yang memang saat ini sangat dibutuhkan masyarakat,”harapnya(Diskominfo Prov. Sumsel/Adv)

Editor : Arizal

Tentang Kami

- Portal Berita Nasional www.sergapbuserpos.com Untuk saat ini kami baru menerbitkan media online SERGAP BUSER POS.com yang di Terbitkan oleh : - - - PT. TRISULA INTER MEDIA - - - Hati-Hati Untuk Para Plagiat...!!! Aturan Hukum Plagiarisme di Indonesia, Penjiplak Bisa Digugat ! Sudah Diatur Dalam Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014. "Dalam Undang-Undang Hak Cipta, plagiarisme ini dijabarkan lagi dalam beberapa istilah seperti mengumumkan, mempublikasikan, atau menjual hasil karya orang lain tanpa seizin dari pemilik karya tersebut, Secara hukum, jika terbukti sebuah karya adalah karya plagiat, bisa dilakukan penuntutan karena termasuk dalam tindakan pidana"

Komentar Anda Dibawah

Kirim Pesan Anda : :

KESEMPATAN.....SERGAP BUSER POS.COM Bagi Pemuda-Pemudi Suka Tantangan Kami Perusahaan Media Massa Membuka Peluang Karier Wartawan/Jurnalis/Biro Untuk Ditempatkan di Seluruh Daerah Indonesia Silakan Hubungi 0811 78 000 57
WASPADA!!! : Wartawan/Reporter SERGAP BUSER POS.com Selalu Dibekali Press Card (Kartu Pers) dan Perlu Diperhatikan Namanya Tercantum di BOX REDAKSI. Apabila Mengaku-ngaku Sebagai Wartawan SERGAP BUSER POS.com dan Namanya Tidak TERCANTUM Serta Menyalahgunakan Demi Keuntungannya Silahkan Menghubungi REDAKSI via Hp : 0852 7998 6145 atau LAPORKAN ke Pihak BERWAJIB Kami Siap Mendukung. Bila Perlu Minta Yang Bersangkutan Membuka BOX REDAKSI SERGAP BUSER POS.com dan Menunjukan Namanya Tercantum. Terima Kasih Atas Perhatian dan Kerjasamanya