Portal Berita Nasional SERGAP BUSER POS.COM Beserta Seluruh KRU Mengucapkan Selamat Dirgahayu Kemerdekaan 17 Agustus 1945-2020 "MAJU INDONESIA"
Published On: Rab, Sep 5th, 2018

Penyuluh Pertanian di Empat Lawang Dipertanyakan

EMPAT LAWANG, SBP.com – Pekebun sawit dan karet di Kabupaten Empat Lawang, mempertanyakan kinerja penyuluh pertanian di kabupaten ini yang dinilai tidak berjalan optimal dalam melaksanakan fungsi penyuluhan pertanian. Karena itu, kwalitas dan kwantitas hasil perkebunan sawit dan karet di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati, tidak maksimal karena para pekebun sawit dan karet belum banyak yang memahami cara berkebun sawit dan karet yang dapat meningkatkan hasil perkebunannya secara ekonomi.

“Cara kami berkebun itu berdasarkan cara turun-temurun dari nenek moyang kami. Kami jarang sekali mendapatkan pengetahuan dari penyuluh bagaimana agar hasil perkebunan kami dapat maksimal,” ungkap Tarmin, salah seorang pekebun asal Kecamatan Tebing Tinggi kepada Harian Silampari, Selasa (4/9).

Dijelaskannya, seperti pada kwalitas hasil perkebunan karet dari Kabupaten Empat Lawang, dia menyebut sudah dicap menjadi yang terburuk karena memiliki kadar air yang tinggi dan kotor (banyak capuran bahan lain, red). Hal ini bukan berarti karet dari kabupaten ini tidak bisa dibuat berkwalitas baik, namun para pekebunnya tidak memahami arti penting produk hasil perkebunan yang berkwalitas karena memang minim sosialisasi dan pemahaman.

“Jika mereka diberi pemahaman bagaiman mengelolah produk bermutu, tentu mereka mau. Namun sejauh ini mereka minimndapat pemahaman itu,” terangnya.

Karena itu lanjut dia, peran pemerintah melalui penyuluh pertanian itu sangat penting menyadarkan para petani bagaimana pentingnya mengelolah produk pertanian yang baik, sehingga kedepan kwalitasnya dapat meningkat dan bermuara pada peningkatan ekonomi petani itu sendiri. “Mudah-mudahan ini menjadi pemikiran pemerintah kedepan sehinggga petani dan pekebun di Kabupaten Empat Lawang dapat lebih sejahtera,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Empat Lawang, Drs Hamdan saat dikonfirmasi secara tersirat mengakui berkurangnya peranserta penyuluh pertanian dalam memberikan pemahaman kepada para petani di kabupaten ini. Hal ini diakuinya, karena para penyuluh pertanian mulai banyak berkurang jumlahnya karena banyak yang pindah ke daerah lain.

“Inilah yang jadi masalah kita, para penyuluh pertanian kita banyak pindah (ke daerah lain),” ungkapnya.

Sebelumnya jelas dia, jumlah penyuluh pertanian di Kabupaten Empat Lawang, sekitar 40 orang. Pihaknya dalam waktu dekat segera melakukan pendataan ulang jumlah penyuluh yang masih ada di Kabupaten Empat Lawang. “Nanti kita data kembali penyuluh kita. Berapa total real-nya jumlah penyuluh saat ini,” tukasnya. (Jda)

Tentang Kami

- Portal Berita Nasional www.sergapbuserpos.com Untuk saat ini kami baru menerbitkan media online SERGAP BUSER POS.com yang di Terbitkan oleh : - - - PT. TRISULA INTER MEDIA - - - Hati-Hati Untuk Para Plagiat...!!! Aturan Hukum Plagiarisme di Indonesia, Penjiplak Bisa Digugat ! Sudah Diatur Dalam Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014. "Dalam Undang-Undang Hak Cipta, plagiarisme ini dijabarkan lagi dalam beberapa istilah seperti mengumumkan, mempublikasikan, atau menjual hasil karya orang lain tanpa seizin dari pemilik karya tersebut, Secara hukum, jika terbukti sebuah karya adalah karya plagiat, bisa dilakukan penuntutan karena termasuk dalam tindakan pidana"

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Kelsone berkata:

    Cialis Impotencia Psicologica dapoxetine pills sold in america Amoxicillin 875 Mg Abscessed Tooth Where To Order Bentyl Ebay Precio De La Ciales

Komentar Anda Dibawah

Kirim Pesan Anda : :

KESEMPATAN.....SERGAP BUSER POS.COM Bagi Pemuda-Pemudi Suka Tantangan Kami Perusahaan Media Massa Membuka Peluang Karier Wartawan/Jurnalis/Biro Untuk Ditempatkan di Seluruh Daerah Indonesia Silakan Hubungi 0811 78 000 57

GRATIS BERLANGGANAN, KLIK


Kesempatan KARIER Wartawan/Jurnalis/Biro untuk Ditempatkan di Seluruh Daerah Indonesia


Media Massa Online

SERGAP BUSER POS.COM

Untuk Lebih Jelas Silakan Hubungi

REDAKSI 0811 78 000 57


WASPADA!!! : Wartawan/Reporter SERGAP BUSER POS.com Selalu Dibekali Press Card (Kartu Pers) dan Perlu Diperhatikan Namanya Tercantum di BOX REDAKSI. Apabila Mengaku-ngaku Sebagai Wartawan SERGAP BUSER POS.com dan Namanya Tidak TERCANTUM Serta Menyalahgunakan Demi Keuntungannya Silahkan Menghubungi REDAKSI via Hp : 0852 7998 6145 atau LAPORKAN ke Pihak BERWAJIB Kami Siap Mendukung. Bila Perlu Minta Yang Bersangkutan Membuka BOX REDAKSI SERGAP BUSER POS.com dan Menunjukan Namanya Tercantum. Terima Kasih Atas Perhatian dan Kerjasamanya