Portal Berita Nasional SERGAP BUSER POS.COM Beserta Seluruh KRU Mengucapkan Selamat Dirgahayu Kemerdekaan 17 Agustus 1945-2020 "MAJU INDONESIA"
Published On: Sab, Jan 21st, 2017

Pemkot Lubuklinggau “Tutup Mata” Dugaan Pelanggaran Bangunan Lippo ?

Grand Opening bersamaan juga dengan pembukaan Matahari Department Store dan Hypermart, Sabtu (26/11)

LUBUKLINGGAU, SERGAP BUSER POS – Mulai terlihat kemajuan dan perkembangan Kota Lubuklinggau di Tahun 2016 pembagunan mulai maju pesat, buktinya para Investor dari luar daerah berdatangan untuk berinvestasi di Kota yang berslogan Sebiduk Semare ini.

Namun, sayangnya para pelaku usaha yang berinvestasi di Kota Lubuklinggau mengabaikan dan menghalalkan segala cara, tanpa mempertimbangkan kenyamanan, dan ketentraman masyarakat dan sekitarnya.

Salah satu yang mengabaikan dan menghalalkan segala cara dan tipu daya demi terwujudnya Pembangunan LIPPO Linggau yang beralamat di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Taba Koji, Kecamatan Lubuklinggau Barat II, Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatara Selatan.

Mengacu dari beberapa peraturan pemerintah pusat, turunan ke pemerintah provinsi dan Kab/Kota, sangat jelas pembangunan Gedung LIPPO Mall Kota Lubuklinggau disinyalir telah melanggar dan tidak menghindahkan dari beberapa peraturan yang sudah di tetapkan di antaranya pemanfaatan kawasan sungai, danau itu harus memenuhi beberapa persyaratan dan ketetapan yang harus di penuhi sesuai pasal 4 (penetapan garis sempadan sungai), pasal 10 (penetapan garis sempadan sungai yang terjadi pasang dan surut sekurang-kurangnya 100 meter dari tepi sungai yang berfungsi sebagai Jalur Hijau.

Sedangkan, pasal 11 sebagai pemanfaatan daerah sempadan sungai seperti untuk Budidaya Pertanian dengan jenis tanaman yang di inginkan, untuk kegiatan niaga, pengalian dan penimbunan.

Pemasangan papan reklame/peringatan, untuk pemasangan rentangan kabel listrik, telepon dan pipa air minum.

Kemudian, pemasangan tiang atau pondasi prasarana jalan dan jembatan, untuk penyelenggaraan kegiatan yang bersifat sosial masyarakat yang tidak menimbulkan dampak merugikan kelestarian dan keamanan fungsi dan fisik sungai.

Lalu, untuk pembangunan prasarana lalu lintas air dan bangunan pengambilan serta pembuangan air. Pasal 12 mengatakan pada Daerah Sempadan Sungai dilarang keras yakni membuang sampah, limbah padat dan cair, mendirikan bangunan permanen untuk hunian dan tempat usaha.

Pantauan sergapbuserpos.com pembangunan gedung LIPPO Mall yang telah mengambil Alih Fungsi Bataran atau Sempadan Sungai yang hanya berkisar ± 25 Meter.

Kemudian, luas area Penghijauan hanya 05 % dari Luas bangunan dan Dinding Penahan Luas area tersebut dengan kemiringan 180 Derajat.

Bukan hanya itu saja Sanitasi Drainase dan IPAL dari Limbah bangunan LIPPO Mall tidak terlihat sama sekali tempat pengujian layak atau tidak Limbah tersebut di buang kesungai, sistem darainase LIPPO langsung pembungan kesungai.

Sebab, LIPPO Mall tersebut bukan hanya Pusat Perbelanjaan saja melainkan Mall multi Fungsi ada Rumah Sakit, Hotel dan Fasilitas Pendidikan.

Nelum lagi bangunan LIPPO tampak memakan Badan Jalan yang hanya kisaran 4 Meter dari AS Jalan, Pintu masuk dan Keluar Kendaraan Roda 4 dan 2.

Disinyalir pembangunan Gedung LIPPO Mall Lubuklinggau telah melanggar serta sabotase dari UU No.11 /1974 tentang pengairan, PP No.22/1982 tentang tata pengaturan air, PP No. 35/1991 tentang sungai, Permen PU No.39/PRT/1989 tentang pembagian wilayah sungai.

PermenPU no.48/PRT/1990 tentang pengelolaan atas air atau sumber air, Permen PU No.49/PRT/1990 tentang Tata Cara dan Persyaratan Izin Penggunaan Air dan Sumber Air.

Permen PU No.63/PRT/1993 Tentang Garis Sempadan Sungai, daerah manfaat sungai, daerah penguasaan sungai dan bekas sungai.

Keputusan Presiden RI No.32 /1990 tentang Kawasan Lindung, PP No.38 /2011 tentang sungai,dan Permen PU No.28/PRT/2015 tentang Garis Sempadan Sungai dan Danau, Permen PU No.01/PRT/2016 Tentang Tata cara Perizinan pengelolaan kawasan air, serta PP Menhut No.39/Menhut-11/2009 Tentang Rencana Pengelolaan Aliran Sungai Terpadu.

Belum lagi Peraturan Pemerintah Daerah No.01/2012-2032 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Lubuklinggau. (tim)

Editor : Arizal

Tentang Kami

- Portal Berita Nasional www.sergapbuserpos.com Untuk saat ini kami baru menerbitkan media online SERGAP BUSER POS.com yang di Terbitkan oleh : - - - PT. TRISULA INTER MEDIA - - - Hati-Hati Untuk Para Plagiat...!!! Aturan Hukum Plagiarisme di Indonesia, Penjiplak Bisa Digugat ! Sudah Diatur Dalam Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014. "Dalam Undang-Undang Hak Cipta, plagiarisme ini dijabarkan lagi dalam beberapa istilah seperti mengumumkan, mempublikasikan, atau menjual hasil karya orang lain tanpa seizin dari pemilik karya tersebut, Secara hukum, jika terbukti sebuah karya adalah karya plagiat, bisa dilakukan penuntutan karena termasuk dalam tindakan pidana"

Komentar Anda Dibawah

Kirim Pesan Anda : :

KESEMPATAN.....SERGAP BUSER POS.COM Bagi Pemuda-Pemudi Suka Tantangan Kami Perusahaan Media Massa Membuka Peluang Karier Wartawan/Jurnalis/Biro Untuk Ditempatkan di Seluruh Daerah Indonesia Silakan Hubungi 0811 78 000 57

GRATIS BERLANGGANAN, KLIK


Kesempatan KARIER Wartawan/Jurnalis/Biro untuk Ditempatkan di Seluruh Daerah Indonesia


Media Massa Online

SERGAP BUSER POS.COM

Untuk Lebih Jelas Silakan Hubungi

REDAKSI 0811 78 000 57


WASPADA!!! : Wartawan/Reporter SERGAP BUSER POS.com Selalu Dibekali Press Card (Kartu Pers) dan Perlu Diperhatikan Namanya Tercantum di BOX REDAKSI. Apabila Mengaku-ngaku Sebagai Wartawan SERGAP BUSER POS.com dan Namanya Tidak TERCANTUM Serta Menyalahgunakan Demi Keuntungannya Silahkan Menghubungi REDAKSI via Hp : 0852 7998 6145 atau LAPORKAN ke Pihak BERWAJIB Kami Siap Mendukung. Bila Perlu Minta Yang Bersangkutan Membuka BOX REDAKSI SERGAP BUSER POS.com dan Menunjukan Namanya Tercantum. Terima Kasih Atas Perhatian dan Kerjasamanya