Portal Berita Nasional SERGAP BUSER POS.COM Beserta Seluruh KRU Mengucapkan Selamat Dirgahayu Kemerdekaan 17 Agustus 1945-2020 "MAJU INDONESIA"
Published On: Sen, Des 19th, 2016

Pelayanan Humas Muratara Amburadul, Satu tahun Kabag Humas Lima Kali Diganti

DEDI IRAWAN PPTK Publikasi Pembangunan Humas Muratara

MURATARA, SERGAP BUSER POS.com –  Sepanjang tahun 2016 ini, pelayanan dan kinerja Humas Setda Kabupaten Muratara, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terkesan buruk dan amburadul. Pasalnya, sejumlah kalangan wartawan baik media cetak lokal, regional dan nasional selama ini menilai adanya kejanggalan dan tidak adanya keterbukaan terkait mengenai anggaran belanja publikasi advertorial maupun iklan terhadap media.

Bahkan, menyebabkan hampir kurun waktu satu tahun ini, sudah terjadi 5 kali pergantian Kepala bagian (Kabag) Humas Setda Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) yang semula dijabat Sunardin, lalu berpindah tugas kepada Hamdan, terus dijabat Defri, dan dikembalikan lagi ke Hamdan, dan kali ini dijabat Aan Adrian.

Berdasarkan nformasi yang diterima Jaya Pos, menyebutkan, pergantian Kabag Humas selama ini dilakukan beragam penyebabnya, mulai dari ketidak harmonisan sesama pegawai Humas, sampai ketidakmampuan seorang oknum Kabag Humas dalam menjalankan tugas kehumasan dan peliputan melibatkan wartawan, dan termasuk mengatur anggaran belanja publikasi terhadap media,

“Kita minta agar adanya perubahan besar-besar terjadi di tubuh bagian Humas Muratara, bukan kabagnya saja, tapi termasuk rotasi sejumlah pegawai Humas yang lainnya. Karena Selama ini diduga sudah banyak membuat diskriminasi terhadap media, Bupati harus tahu masalah itu,” ujar Toni Wartawan SKI Patroli bersama dua rekannya Jhuan SKU Obor Sumataera, Hasbul (Angkasa. com) kepada Jaya Pos akhir pekan lalu.

Lebih lanjut, Toni mengatakan hal ini justru sudah menimbulkan polimik di kalangan awak media, terutama saat mendapat informasi tentang dugaan oknum pejabat Humas Muratara ikut bermain mata dengan oknum wartawan dalam penyerapan anggaran advertorial/ iklan secara berlebihan. Sehingga menyebabkan tagihan advertorial dan termasuk iklan membludak,

“Kami mencurigai diduga ada oknum pejabat Humas, ikut bermain mata dengan oknum wartawan dalam penyerapan anggaran advertorial. Maka dari itu Bupati harus turun tangan dan jika perlu memutasikan oknum ini, agar kedepannya tidak terjadi lagi kesenjangan diantara sesama media, kita lihat daftar nota dinas yang dibuat yang ditanda tangani oleh PPTK penyebarluasan infromasi kepada publik, tanggal 28 April 2016, dengan nomor pengajuan 100/ 008/MRU/IV/ 2016. melakukan pembayaran advertorial yang nilai anggarannya sebesar Rp. 619.350.000,-,” tambahnya lagi.

“Di sana dalam daftar nota dinas pembayaran dilakukan terhadap 65 media cetak dan media online yang berbeda. Akan tetapi nyatanya satu media cetak atau online dilakukan pembayaran 3 sampai 4 berkas tagihan advertorial/ iklan. Dan ironisnya, pembayaran itu bukan dikantor, justru dilakukan di rumah salah satu oknum pejabat humas tersebut,” ujar Toni diamini dua rekannya.

Lebih mengejutkan pula saat pembayaran tahap kedua, tepatnya (3/6) lalu sekitar pukul 22.00 WIB, sebanyak 27 media cetak dan online dilakukan pembayaran, waktu itu pada malam hari di Burza Hotel Kota Lubuklinggau. Mirisnya oknum wartawan media cetak dan online yang pada tahap pertama ikut kembali masuk dalam rekap pembayaran.

“Kenapa pencairan bukan dilakukan di kantor Humas? Kenapa harus di hotel, Apa kantor sudah pindah alamat,” sindir mereka dengan harapan Bupati harus mengetahui kelakuan bawahannya ini. Karena ulah oknum pejabat Humas dan oknum wartawan tamak ini, akhirnya banyak wartawan yang sudah memuat advertorial dan iklan saat pelantikan Bupati/Wakil Bupati Muratara lalu terpaksa gigit jari dan harus menunggu tahap berikutnya, yakni masuk didalam Anggaran Biaya Tambahan (ABT).

Anehnya, jumlah pembayaran tagihan advertorial malah di ABT ini kembali membengkak. Karena banyaknya media cetak dan online yang sebelumnya dibayar kembali ikut melakukan pencairan advertorial, dikarenakan anggaran terbatas, maka pihak Humas kembali mengorbankan media yang sama sekali belum menerima pembayaran tagihan dipangkas sampai 75 persen. Ada apa ini?. Sungguh amburadul pelayanannya. Perlu ditelusuri lebih lanjut mengenai masalah ini nantinya, Karena tagihan advertorial dibayar sangat jauh berkurang, dari nilai 100 persen, dibayar hanya 25 persen dari jumlah tagihan yang sebelumnya sudah disetujui.

Dalam kesempatan itu Toni mengeluh “Gimana kita mau setoran ke redaksi kalau nilainya terlalu kecil,” ungkapnya tidak habis pikir, seraya meminta agar Kabag Humas yang baru dapat mengcros cek ulang, mengenai banyaknya jumlah media yang sudah dibayar baik di anggaran induk maupun anggaran tambahan dan jika perlu dilaporkan langsung kepada Bupati mengenai masalah ini.

Sayangnya baik Hamdan selaku mantan Plt Kabag Humas, dan termasuk Dedi Irawan sebagai PPTK penyebarluasan informasi kepada publik saat dihubungi via handphone milik keduanya dalam keadaan tidak aktif. Selain minta tanggapamnya berkenaan masalah ini, juga mau menanyakan terkait materi pemanggilan oleh aparat penegak hukum beberapa waktu lalu.

Sumber : harianjayapos.com

Editor : Arizal

Tentang Kami

- Portal Berita Nasional www.sergapbuserpos.com Untuk saat ini kami baru menerbitkan media online SERGAP BUSER POS.com yang di Terbitkan oleh : - - - PT. TRISULA INTER MEDIA - - - Hati-Hati Untuk Para Plagiat...!!! Aturan Hukum Plagiarisme di Indonesia, Penjiplak Bisa Digugat ! Sudah Diatur Dalam Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014. "Dalam Undang-Undang Hak Cipta, plagiarisme ini dijabarkan lagi dalam beberapa istilah seperti mengumumkan, mempublikasikan, atau menjual hasil karya orang lain tanpa seizin dari pemilik karya tersebut, Secara hukum, jika terbukti sebuah karya adalah karya plagiat, bisa dilakukan penuntutan karena termasuk dalam tindakan pidana"

Komentar Anda Dibawah

Kirim Pesan Anda : :

KESEMPATAN.....SERGAP BUSER POS.COM Bagi Pemuda-Pemudi Suka Tantangan Kami Perusahaan Media Massa Membuka Peluang Karier Wartawan/Jurnalis/Biro Untuk Ditempatkan di Seluruh Daerah Indonesia Silakan Hubungi 0811 78 000 57

GRATIS BERLANGGANAN, KLIK


Kesempatan KARIER Wartawan/Jurnalis/Biro untuk Ditempatkan di Seluruh Daerah Indonesia


Media Massa Online

SERGAP BUSER POS.COM

Untuk Lebih Jelas Silakan Hubungi

REDAKSI 0811 78 000 57


WASPADA!!! : Wartawan/Reporter SERGAP BUSER POS.com Selalu Dibekali Press Card (Kartu Pers) dan Perlu Diperhatikan Namanya Tercantum di BOX REDAKSI. Apabila Mengaku-ngaku Sebagai Wartawan SERGAP BUSER POS.com dan Namanya Tidak TERCANTUM Serta Menyalahgunakan Demi Keuntungannya Silahkan Menghubungi REDAKSI via Hp : 0852 7998 6145 atau LAPORKAN ke Pihak BERWAJIB Kami Siap Mendukung. Bila Perlu Minta Yang Bersangkutan Membuka BOX REDAKSI SERGAP BUSER POS.com dan Menunjukan Namanya Tercantum. Terima Kasih Atas Perhatian dan Kerjasamanya