Portal Berita Nasional SERGAP BUSER POS.COM Beserta Seluruh KRU Mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H/2019 M "Dengan Semangat Hijriyah, Mari Kita Perkuat Ukhuwah Antar Sesama Dengan Saling Berbagi"
Published On: Rab, Des 4th, 2019

Panen Raya Cabai, Bupati H2G Kagumi Potensi Desa Sukamerindu

MUSI RAWAS, SBP.com – Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan (H2G) menghadiri acara panen raya cabai di Desa Sukamerindu Kecamatan STL Ulu Terawas. Rabu (4/12). Dalam kesempatan itu, Bupati ikut memetik cabai bersama para petani.

Bupati H Hendra Gunawan mengaku kagum dan bangga bisa mengikuti panen raya. Baginya, melihat hamparan pohon cabai tersebut memberikan rasa optimis untuk mewujudkan Musi Rawas Sempurna. Terlebih lagi, potensi SDA di desa Sukamerindu sangat kaya, jika bisa dikelola dengan baik akan mampu mendongkrak peningkatan ekonomi yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati juga memberikan gambaran kepada masyarakat yang hadir akan pentingnya bertani holtikultura disamping juga berkebun sawit dan karet yang menjadi potensi untuk perkebunan di Kabupaten Musi Rawas khususnya. Dijelaskan Bupati, sebelumnya, Desa Sukamerindu ini termasuk desa tertinggal, namun saat ini sudah masuk kategori berkembang.

“Alhamdulillah, meskipun sempat kemarau panjang, namun hari ini kita bisa melakukan panen cabai. Ayo berinovasi, melalui kreatifitas dapat menunjang peningkatkan ekonomi. Dari hasil panen ini, cabe juga bisa diolah menjadi berbagai macam jenis olahan untuk mendokrak pendapatan ekonomi,” harap Bupati.

Kadis Tannak Mura Zuhri Syahwal, mengatakan moment ini menjadi sangat penting, menurutnya, Pemkab Mura melalui Dinas Pertanian akan terus mendampingi para petani cabai mulai dari pembibitan sampai pasca panen. Pemkab Mura bersama Eddy Prabowo hari ini memberikan bantuan berupa bibit cabai dan alat pertanian.

Diantaranya, 1 unit Motor Gandeng Roda Tiga , 3 unit Alat Pengolah Cabai, 2 unit Alat Pengolah Tanah Cultivator , 1 unit alat pengolah tanah Hand Traktor, 3 unit pompa air, 65 bungkus bibit cabe, 4 unit alat Pemipil Jagung.

“Bantuan yang diberikan memang masih jauh dari cukup. Tapi, ke depan, Pemkab Mura berkomitmen akan menambah bantuan ke kelompok petani cabai,” ucap Zuhri.

Disampaikannya, menurut data, pada tahun 2018 yang lalu, luas tanaman cabai seluas 337 Ha dengan luas panes 334 Ha, produksi sebesar 340 Ton dengan produktivitas sebesar 10,1 Ton/Ha. Dari luas tanam tersebut, yang mendapatkan pembiayaan melalui dana APBN seluas 60 Ha, dana APBD 4 Ha dan Swadaya petani seluar 273 Ha.

Hadir mendampingi Bupati, Wakapolres Mura Handoko Sanjaya, Kodim 0406, Bhayangkari Mura, Persit Kartika Chandra Kirana Mura, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Zuhri Syahwal, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala OPD Camat STL Ulu Terawas, Kepala Desa Sukamerindu Ariyanto, kelompok tani dan unsur Forkompinda Kabupaten Musi Rawas. (Kom/Rizal)

Tentang Kami

- Portal Berita Nasional www.sergapbuserpos.com Untuk saat ini kami baru menerbitkan media online SERGAP BUSER POS.com yang di Terbitkan oleh : - - - PT. TRISULA INTER MEDIA - - - Hati-Hati Untuk Para Plagiat...!!! Aturan Hukum Plagiarisme di Indonesia, Penjiplak Bisa Digugat ! Sudah Diatur Dalam Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014. "Dalam Undang-Undang Hak Cipta, plagiarisme ini dijabarkan lagi dalam beberapa istilah seperti mengumumkan, mempublikasikan, atau menjual hasil karya orang lain tanpa seizin dari pemilik karya tersebut, Secara hukum, jika terbukti sebuah karya adalah karya plagiat, bisa dilakukan penuntutan karena termasuk dalam tindakan pidana"

Komentar Anda Dibawah

Kirim Pesan Anda : :

KESEMPATAN.....SERGAP BUSER POS.COM Bagi Pemuda-Pemudi Suka Tantangan Kami Perusahaan Media Massa Membuka Peluang Karier Wartawan/Jurnalis/Biro Untuk Ditempatkan di Seluruh Daerah Indonesia Silakan Hubungi 0811 78 000 57
WASPADA!!! : Wartawan/Reporter SERGAP BUSER POS.com Selalu Dibekali Press Card (Kartu Pers) dan Perlu Diperhatikan Namanya Tercantum di BOX REDAKSI. Apabila Mengaku-ngaku Sebagai Wartawan SERGAP BUSER POS.com dan Namanya Tidak TERCANTUM Serta Menyalahgunakan Demi Keuntungannya Silahkan Menghubungi REDAKSI via Hp : 0852 7998 6145 atau LAPORKAN ke Pihak BERWAJIB Kami Siap Mendukung. Bila Perlu Minta Yang Bersangkutan Membuka BOX REDAKSI SERGAP BUSER POS.com dan Menunjukan Namanya Tercantum. Terima Kasih Atas Perhatian dan Kerjasamanya