Portal Berita Nasional SERGAP BUSER POS.COM Beserta Seluruh KRU Mengucapkan Selamat Dirgahayu Kemerdekaan 17 Agustus 1945-2020 "MAJU INDONESIA"
Published On: Jum, Jan 19th, 2018

Oknum ASN Diduga Hadiri Kegiatan Deklarasi Paslon

EMPAT LAWANG, SBO.com – Sejumlah oknum aparatur sipil negara (ASN), diduga telah mengikuti dan hadir di kegiatan deklarasi bakal pasangan calon Kepala Daerah (Bapaslon Kada) yang digelar beberapa waktu lalu.

Hal ini tentunya telah melanggar pasal 9 ayat 2 Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN dan pasal 4 angka 15 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 tahun 2010 tentang ASN serta Surat Edaran (SE) Mendagri Nomor 273/3772/SJ tanggal 11 oktober 2016 tentang netralitas ASN dan larangan penggunaan fasilitas pemerintah daerah dalam kegiatan Pilkada.

Karena itu, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Empat Lawang, mengaku telah melakukan peneguran tertulis kepada sejumlah oknum ASN tersebut, agar tidak mengulangi lagi perbuatannya tersebut.

Ketua Panwaslu Kabupaten Empat Lawang, Rudiyanto membenarkan jika pihaknya telah memberikan teguran kepada sejumlah oknum ASN yang hadir dalam kegiatan deklarasi Bapaslon Kada tersebut, bahkan surat teguran itu juga telah ditembuskan ke Sekda dan Bupati Empat Lawang.

“Itu bentuknya teguran, tapi yang namanya ASN itu ada aturannya, diberikan klarifikasi untuk tidak mengulangi lagi. Setidaknya kita sudah melakukan metode pencegahan,” ujar Rudiyanto saat dihubungi wartawan via saluran telepon, Rabu (17/1).

Menurut Rudi, setidaknya ada tiga oknum Camat dan satu oknum Assiten Bupati Empat Lawang, yang mendapatkan surat teguran dari pihaknya, karena hadir dalam kegiatan deklarasi Bapaslon Kada, yang dugelar antara tanggal 7-8 Januari lalu.

“Tiga oknum camat dan satu oknum assiten Bupati, itu yang pertama. Dengan telah kita sampaikan surat itu ke tiga oknum camat dan oknum assiten itu dan kita tembuskan ke Sekda dan Bupati, mereka akan meneruskan ke jajaran ke bawahnya,” jelas Rudiyanto.

Masih kata Ketua Panwaslu Kabupaten Empat Lawang tersebut, didapatinya data adanya oknum ASN yang mengikuti kegiatan deklarasi Bapaslon tersebut, dari temuan anggotanya di lapangan dan ada juga dari laporan masyarakat. “Ada laporan dari masyarakat ada juga temuan di lapangan,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah beberapa waktu lalu mengaatakan, kembali menegaskan, agar ASN di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati bisa bersikap netral. “Netralitas ASN harus dijunjung tinggi,” tegas Syahril.

Dikatakannya, dia sudah menerima beberapa laporan dan kiriman gambar, terkait keterlibatan ASN di Empat Lawang yang menghadiri kegiatan Deklarasi pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Empat Lawang beberapa waktu lalu. “Laporan dan kiriman gambar sudah ada, tapi laporan secara tertulis belum ada,” jelasnya.

Menurut Syahril, gambar di media sosial atau laporan secara lisan, belum bisa dijadikan acuan untuk menindaklanjutinya. “Silahkan dilaporkan ke Panwaslu, dibuatkan tembusannya ke bupati. Jika ada laporan, kita akan buat tim, untuk menindalanjutinya,” katanya.

Jika memang terbukti bersalah, Syahril menyatakan siap memberikan sanksi tegas sesuai dengan aturan yang berlaku. “Mulai dari sanksi teguran, hingga sanksi yang lebih tegas lagi siap kita berikan,” imbuhnya.(jda)

Tentang Kami

- Portal Berita Nasional www.sergapbuserpos.com Untuk saat ini kami baru menerbitkan media online SERGAP BUSER POS.com yang di Terbitkan oleh : - - - PT. TRISULA INTER MEDIA - - - Hati-Hati Untuk Para Plagiat...!!! Aturan Hukum Plagiarisme di Indonesia, Penjiplak Bisa Digugat ! Sudah Diatur Dalam Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014. "Dalam Undang-Undang Hak Cipta, plagiarisme ini dijabarkan lagi dalam beberapa istilah seperti mengumumkan, mempublikasikan, atau menjual hasil karya orang lain tanpa seizin dari pemilik karya tersebut, Secara hukum, jika terbukti sebuah karya adalah karya plagiat, bisa dilakukan penuntutan karena termasuk dalam tindakan pidana"

Komentar Anda Dibawah

Kirim Pesan Anda : :

KESEMPATAN.....SERGAP BUSER POS.COM Bagi Pemuda-Pemudi Suka Tantangan Kami Perusahaan Media Massa Membuka Peluang Karier Wartawan/Jurnalis/Biro Untuk Ditempatkan di Seluruh Daerah Indonesia Silakan Hubungi 0811 78 000 57

GRATIS BERLANGGANAN, KLIK


Kesempatan KARIER Wartawan/Jurnalis/Biro untuk Ditempatkan di Seluruh Daerah Indonesia


Media Massa Online

SERGAP BUSER POS.COM

Untuk Lebih Jelas Silakan Hubungi

REDAKSI 0811 78 000 57


WASPADA!!! : Wartawan/Reporter SERGAP BUSER POS.com Selalu Dibekali Press Card (Kartu Pers) dan Perlu Diperhatikan Namanya Tercantum di BOX REDAKSI. Apabila Mengaku-ngaku Sebagai Wartawan SERGAP BUSER POS.com dan Namanya Tidak TERCANTUM Serta Menyalahgunakan Demi Keuntungannya Silahkan Menghubungi REDAKSI via Hp : 0852 7998 6145 atau LAPORKAN ke Pihak BERWAJIB Kami Siap Mendukung. Bila Perlu Minta Yang Bersangkutan Membuka BOX REDAKSI SERGAP BUSER POS.com dan Menunjukan Namanya Tercantum. Terima Kasih Atas Perhatian dan Kerjasamanya