Portal Berita Nasional SERGAP BUSER POS.COM Beserta Seluruh KRU Mengucapkan Selamat Dirgahayu Kemerdekaan 17 Agustus 1945-2020 "MAJU INDONESIA"
Published On: Sen, Mei 7th, 2018

Masi Ada Penangkapan Ikan Pakai Putas di Empat Lawang

Poto : Ilustrasi

EMPAT LAWANG, SBP.com – Menangkap ikan dengan benda-benda berbahaya masih marak di wilayah Kabupaten Empat Lawang. Tentu saja ini menjadi pertanyaan sejumlah kalangan, sebab penangkapa ikan dengan cara-cara ilegal semacam itu dapat merusak ekosistem sungai.

Salah seorang warga menyebut, saat ini tidak ada satupun sungai di wilayah Kabupaten Empat Lawang, yang bebas dari aktivitas penangkapan ikan secara ilegal.

“Khususnya sungai kecil, sudah seperti rutinitas saja per dalam waktu tertentu perancunan ikan menggunakan Apotas. Masyarakat di Empat Lawang menyebutnya Mutas,” ungkap Andi, salah seorang warga Tebing Tinggi saat dibincangi Harian Silampari, Senin (7/5).

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Empat Lawang, Lukaman Panggarbessy melalui Kasubid Perencanaan dan Kajian Dampak Lingkungan, Jalin Elsaprike saat dikonfirmasi tak menapik masih maraknya kegiatan penangkapan ikan dengan cara yang dilarang Undang-undang tersebut. Karena itu, pihaknya menghimbau agar masyarakat menghentikan kebiasaan tersebut karena dapat merusak ekosistem dan mencemari air sungai serta merusak habitat sungai.

“Kami saat ini, cuma dapat melakukan penghimbauan dan untuk dapat menghentikan itu memerlukan kerjasama lintas sektoral karena tidak mungkin hanya DLH saja yang lakukan,” kilahnya.

Dijelaskannya, sesuai dengan Undang-undang nomor 31 tahun 2009 tentang perikanan, sangat jelas sanksi bagi pelakuk penangkap ikan menggunakan bahan yang berbahaya, dapat dipidana penjara selama 6 tahun dan denda Rp1,2 miliar.

“Ini sangat jelas, selain dipenjara, pelaku juga harus membayar denda Rp1,2 miliar. Jadi sangat jelas ancamannya, makanya kami minta oknum yang biasa Mutas, agar tidak mengulangi perbuatan itu lagi,” imbuhnya. (jda)

Tentang Kami

- Portal Berita Nasional www.sergapbuserpos.com Untuk saat ini kami baru menerbitkan media online SERGAP BUSER POS.com yang di Terbitkan oleh : - - - PT. TRISULA INTER MEDIA - - - Hati-Hati Untuk Para Plagiat...!!! Aturan Hukum Plagiarisme di Indonesia, Penjiplak Bisa Digugat ! Sudah Diatur Dalam Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014. "Dalam Undang-Undang Hak Cipta, plagiarisme ini dijabarkan lagi dalam beberapa istilah seperti mengumumkan, mempublikasikan, atau menjual hasil karya orang lain tanpa seizin dari pemilik karya tersebut, Secara hukum, jika terbukti sebuah karya adalah karya plagiat, bisa dilakukan penuntutan karena termasuk dalam tindakan pidana"

Komentar Anda Dibawah

Kirim Pesan Anda : :

KESEMPATAN.....SERGAP BUSER POS.COM Bagi Pemuda-Pemudi Suka Tantangan Kami Perusahaan Media Massa Membuka Peluang Karier Wartawan/Jurnalis/Biro Untuk Ditempatkan di Seluruh Daerah Indonesia Silakan Hubungi 0811 78 000 57

GRATIS BERLANGGANAN, KLIK


Kesempatan KARIER Wartawan/Jurnalis/Biro untuk Ditempatkan di Seluruh Daerah Indonesia


Media Massa Online

SERGAP BUSER POS.COM

Untuk Lebih Jelas Silakan Hubungi

REDAKSI 0811 78 000 57


WASPADA!!! : Wartawan/Reporter SERGAP BUSER POS.com Selalu Dibekali Press Card (Kartu Pers) dan Perlu Diperhatikan Namanya Tercantum di BOX REDAKSI. Apabila Mengaku-ngaku Sebagai Wartawan SERGAP BUSER POS.com dan Namanya Tidak TERCANTUM Serta Menyalahgunakan Demi Keuntungannya Silahkan Menghubungi REDAKSI via Hp : 0852 7998 6145 atau LAPORKAN ke Pihak BERWAJIB Kami Siap Mendukung. Bila Perlu Minta Yang Bersangkutan Membuka BOX REDAKSI SERGAP BUSER POS.com dan Menunjukan Namanya Tercantum. Terima Kasih Atas Perhatian dan Kerjasamanya