Portal Berita Nasional SERGAP BUSER POS.COM Beserta Seluruh KRU Mengucapkan Selamat Dirgahayu Kemerdekaan 17 Agustus 1945-2020 "MAJU INDONESIA"
Published On: Sel, Apr 10th, 2018

Kualitas Ganja Empat Lawang Lebih Baik Dari Aceh

MATERI : Kepala BNNK Empat Lawang, H Amancik Marzuki (atas podium) saat menjadi pemateri dalam kegiatan pelatihan masyarakat anti Narkoba dan P4GN, di Hotel Zulian Transit Tebing Tinggi, Selasa (10/4).

EMPAT LAWANG, SBP.com  – Kualitas ganja asal Kabupaten Empat Lawang, diakui melebih kualitas ganja asal Aceh. Hal ini karena tumbuhan ganja akan lebih subu jika ditanam di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati, karena tingkat kesuburan tanah di wilayah kabupaten ini, memang cukup bagus.

Hal tersebut dikatakan Kepala BNN Kabupaten Empat Lawang, H Amancik Marzuki saat menjadi pemateri dalam kegiatan pelatihan masyarakat anti Narkoba dan pengembangan kapasitas pencegahan, pemberatasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba (P4GN), di Hotel Zulian Transit Tebing Tinggi, Selasa (10/4).

Menurut Amancik, tanaman ganja asal Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat luar kabupaten ini, karena kualitasnya memang bagus. Makanya, masih banyak oknum masyarakat yang diindikasikan menanam barang haram tersebut, demi kepentingan ekonomi sesaat, tanpa mempertimbangkan dampaknya.

“Hanya saja, saat ini mereka menanam ganja itu, tidak lagi membuka lahan secara luas. Sedikit-sedikit tapi banyak lokasinya, disinilah pintarnya mereka,” ujar Amancik.

Karena itu lanjut Amancik, peran sekolah sebagai rumah kedua bagi anak-anak, harus dapat dioptimalkan untuk memberikan pemahaman bagi anak-anak terhadap bahayanya ganja sebagai salah satu jenis Narkoba golongan A, jika disalahgunakan. Termasuk Narkoba jenis lain. “Kalau tidak memberikan pemahaman kepada anak-anak kita, bisa jadi anak-anak ini dapat terlibat pada penyalahgunaan narkoba. Ini yang kita khawatirkan,” ucapnya.

Memang lanjut dia, pihaknya bersama aparat kepolisian, sudah bahkan sering melakukan penggerebekan lokasi penanaman ganja di Kabupaten Empat Lawang, serta berhasil menangkap beberapa oknum petani ganja, namun itu tidak serta-merta menghentikan aktivitas penanaman di lokasi lain, yang tidak tercium aparat. “Saya yakin, masih banyak lahan-lahan lain yang ada tanaman ganjanya. Untuk membongkar itu, peran serta masyarakat, sangat kita harapkan,” akunya.

Sementara itu, Kasi Penyuluhan, Pengembangan Kapasitas dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional kabupaten Empat Lawang, Efran Nizal mengatakan, pada kegiatan pelatihan masyarakat anti Narkoba dan P4GN kali ini, pihaknya mengundang guru SD dan beberapa perwakilan guru SMP/SMA di Kecamatan Tebing Tinggi, agar pemahaman terhadap Narkoba ini dapat disampaikan kepada para siswa di sekolahnya masing-masing.

“Iya, kali ini kegiatan kita yang menjadi pesertanya para guru. Selain untuk pemahaman mereka, diharapkan pemahaman tentang bahayanya narkoba jika disalahgunakan dapat juga disampaikan ke para siswa di sekolah, lingkungan tempat tinggal atau orang-orang di sekeliling tempat tinggalnya,” harap Efran. (Jda)

Tentang Kami

Komentar Anda Dibawah

Kirim Pesan Anda : :

KESEMPATAN.....SERGAP BUSER POS.COM Bagi Pemuda-Pemudi Suka Tantangan Kami Perusahaan Media Massa Membuka Peluang Karier Wartawan/Jurnalis/Biro Untuk Ditempatkan di Seluruh Daerah Indonesia Silakan Hubungi 0811 78 000 57

GRATIS BERLANGGANAN, KLIK


Kesempatan KARIER Wartawan/Jurnalis/Biro untuk Ditempatkan di Seluruh Daerah Indonesia


Media Massa Online

SERGAP BUSER POS.COM

Untuk Lebih Jelas Silakan Hubungi

REDAKSI 0811 78 000 57


WASPADA!!! : Wartawan/Reporter SERGAP BUSER POS.com Selalu Dibekali Press Card (Kartu Pers) dan Perlu Diperhatikan Namanya Tercantum di BOX REDAKSI. Apabila Mengaku-ngaku Sebagai Wartawan SERGAP BUSER POS.com dan Namanya Tidak TERCANTUM Serta Menyalahgunakan Demi Keuntungannya Silahkan Menghubungi REDAKSI via Hp : 0852 7998 6145 atau LAPORKAN ke Pihak BERWAJIB Kami Siap Mendukung. Bila Perlu Minta Yang Bersangkutan Membuka BOX REDAKSI SERGAP BUSER POS.com dan Menunjukan Namanya Tercantum. Terima Kasih Atas Perhatian dan Kerjasamanya