Portal Berita Nasional SERGAP BUSER POS.COM Beserta Seluruh KRU Mengucapkan Selamat Dirgahayu Kemerdekaan 17 Agustus 1945-2020 "MAJU INDONESIA"
Published On: Rab, Nov 25th, 2020

Kadisdik Mura Sebut MoU DAK Antara FKMS dan 55 Sekolah Tidak Fatal?

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas Irwan Evendi, saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Selasa 24/11/2020)

MUSI RAWAS, SBP.com – Terkait pembatalan Kerjasama MoU antara 55 Sekolah yang menerima DAK tahun anggaran 2020 oleh Forum Kemasyarakatan Mura Sempurna ( (FKMS) yang membatalkan FKKS, inikan Parmi yang batalkan, saya berpendapat Parmi yang batalkan, artinya dia merasa tidak ada landasan hukumnya yang bisa membenarkan. Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas (Mura) Irwan Evendi diruang kerjanya, Selasa (24/11/2020).

Dijelaskannya, memang ada aturan yang mengatakan, bahwa apa yang menjadi program dan kegiatan disekolah memang harus transparan kepada publik agar bisa mengawasi, terus kemudian ada LSM yang diakui oleh Kesbanglinmas dan kemudian melakukan pengawasan dan itu boleh menurut hukumnya karena menurut hukumnya dasar Pengawasan masyarakat boleh, termasuk FKMS serta termasuk LSM lainnya boleh tidak ada melarangnya.

Lebihlanjut, dikatakannya kalau ada inisiatif oleh kepsek untuk melakukan MoU dan mereka lakukan dan mereka tidak ada konsultasi kepada saya sebagai Kepala Dinas.

Saat disinggung, bahwa ada kepsek yang sudah melakukan pembayaran lunas terkait pengawasan tersebut, dirinya mengatakan, itu sudah urusan kepala sekolah dengan FKMS. Itu mungkin mereka menganggap sebagai konsekuensi MoU dalam tanda kutip. Tentu yang datang kesitu memerlukan biaya transportasi dan lain-lain.

“Kita logika saja bila ada satu persen, pastilah ribut adanya pembatalan dari Parmi selaku Ketua FKMS,”tegasnya.

Logika umumnya lanjutnya, dalam melakukan pengawasan, pendampingan, bukan berdasarkan hukum, ini berdasarkan logika umum. Kalaupun sudah ada yang membayar itu bukan urusan kami, itu urusan Kepsek dengan FKMS.

“Kami akan menyampaikan karena ini tidak sesuai dengan aturan, nanti bila selesai kegiatan, kami akan sampaikan kepada kepsek. Ini bukan kesalahan fatal, kalau tidak sesuai dengan RAB, Juklak dan Juknis. Karena ini semacam inovasi bahwa ada pihak lain yang bisa bekerjasama yang mengawasi mereka,”ujarnya. tak lama masuk keruangan Sekretaris Hartoyo juga PPK dan Hairil selaku PPTK.

Kembali disinggung pengawasan DAK sebagaimana Juklak dan Juknis DAK Tahun Anggaran 2020 Permendikbud Nomor 11 Tahun 2020 untuk pengawasan sudah diatur karena sudah ada Penguna Anggaran, Kuasa Pengguna Anggaran, PPK, PPTK, namun yang ada diruangan hanya diam.

Irwan Evendi sempat bernada kesal saat disinggung akan dibuat judul berita “Kadisdik Mura Akan Membuat Teguran Kepada Kepsek Yang Melakukan MoU DAK 2020. Dirinya mengatakan bahwa MoU bukan menyalahi aturan pokok. Kalau kerjasama dalam pengawasan, kalau aku berpendapatan itu subtansif. Subtansif itu semacam Inisiatif, Inovasi. Dengan melakukan kerjasama dengan pihak lain.

“Nah, terhadap kesalahan itu, apa tindakan Disdik, kami hanya mengingatkan agar kepsek di Musi Rawas dalam melaksakan DAK tahun berikutnya tidak melakukan hal yang sama. Sebab tidak ada aturan yang membolehkan. Awas, saya tidak mau ada kalimat yang menegur, karena besar buntutnya. (akibatnya-red),”pungkasnya. (Marwan)

Tentang Kami

- Portal Berita Nasional www.sergapbuserpos.com Untuk saat ini kami baru menerbitkan media online SERGAP BUSER POS.com yang di Terbitkan oleh : - - - PT. TRISULA INTER MEDIA - - - Hati-Hati Untuk Para Plagiat...!!! Aturan Hukum Plagiarisme di Indonesia, Penjiplak Bisa Digugat ! Sudah Diatur Dalam Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014. "Dalam Undang-Undang Hak Cipta, plagiarisme ini dijabarkan lagi dalam beberapa istilah seperti mengumumkan, mempublikasikan, atau menjual hasil karya orang lain tanpa seizin dari pemilik karya tersebut, Secara hukum, jika terbukti sebuah karya adalah karya plagiat, bisa dilakukan penuntutan karena termasuk dalam tindakan pidana"

Komentar Anda Dibawah

Kirim Pesan Anda : :

KESEMPATAN.....SERGAP BUSER POS.COM Bagi Pemuda-Pemudi Suka Tantangan Kami Perusahaan Media Massa Membuka Peluang Karier Wartawan/Jurnalis/Biro Untuk Ditempatkan di Seluruh Daerah Indonesia Silakan Hubungi 0811 78 000 57

WASPADA!!! : Wartawan/Reporter SERGAP BUSER POS.com Selalu Dibekali Press Card (Kartu Pers) dan Perlu Diperhatikan Namanya Tercantum di BOX REDAKSI. Apabila Mengaku-ngaku Sebagai Wartawan SERGAP BUSER POS.com dan Namanya Tidak TERCANTUM Serta Menyalahgunakan Demi Keuntungannya Silahkan Menghubungi REDAKSI via Hp : 0852 7998 6145 atau LAPORKAN ke Pihak BERWAJIB Kami Siap Mendukung. Bila Perlu Minta Yang Bersangkutan Membuka BOX REDAKSI SERGAP BUSER POS.com dan Menunjukan Namanya Tercantum. Terima Kasih Atas Perhatian dan Kerjasamanya