Portal Berita Nasional SERGAP BUSER POS.COM Beserta Seluruh KRU Mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H/2019 M "Dengan Semangat Hijriyah, Mari Kita Perkuat Ukhuwah Antar Sesama Dengan Saling Berbagi"
Published On: Sel, Agu 27th, 2019

Ibu Kota Resmi Pindah ke Kaltim, Investasi Perlu Dimudahkan

Gambar peta Pulau Kalimantan, diapit Pulau Sumatera di sebelah barat dan Pulau Sulawesi di sebelah timur, sebagai wilayah calon ibu kota baru pemerintahan. (ANTARA/Bayu Prasetyo)

JAKARTA, SBP.com –¬†Ekonom Hisar Sirait menyarankan agar pemerintah memberikan kemudahan perizinan dan keringanan pajak bagi para pengusaha, pelaku industri dan pebisnis yang akan berinvenstasi di dua wilayah Kalimantan Timur usai diputuskan oleh Presiden RI Joko Widodo sebagai ibu kota baru Indonesia.

“Kalau pengusaha bisa berkomitmen, katakanlah membangun sesuatu di wilayah ibu kota baru yang berada di Kalimantan Timur dalam rangka mengembangkan infrastruktur industri alangkah baiknya para pengusaha tersebut dapat dikenakan keringanan pajak untuk industri-industri yang tidak terdapat di Kalimantan. Supaya mereka tertarik!” ujar ekonom yang menjabat sebagai Rektor Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie tersebut kepada ANTARA di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan bahwa keringanan-keringanan pajak bagi pengusaha dan pebisnis dari Jawa yang akan berinvetasi ke Kalimantan Timur perlu diberikan oleh pemerintah agar mereka bisa langsung membangun infrastruktur di sana. Hal ini bisa menjadi skema yang menarik bagi para pelaku industri.

Swasta tidak mungkin diminta untuk membangun infrastruktur-infrastruktur seperti jalan, pelabuhan, bandara, air dan listrik, itu tidak mungkin sawasta bisa dimintai untuk membangunnya. Alangkah baiknya alokasi yang 19 persen dari APBN atau tambahan dana dari mana pun jangan digunakan oleh pemerintah untuk membangun infrastruktur perkantoran, namun untuk membangun infrastruktur industri.

“Kalau ini dibangun oleh pemerintah, maka selanjutnya pemerintah harus bisa memastikan izin-izin usaha lebih dimudahkan dan semua kebijakan termasuk kebijakan dalam hal pengupahan dan insentif pajak itu juga menjadi hal yang penting bagi insentif pengusaha,” kata Hisar Sirait.

Sebelumnya Sebelumnya Presiden RI Joko Widodo pada Senin (26/8) siang memutuskan kawasan Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, sebagai kawasan ibu kota baru pemerintahan. Presiden mengatakan bahwa pemerintah telah mengkaji sejumlah calon kawasan ibu kota di Pulau Kalimantan.

Selain tersedia lahan yang dikuasai pemerintah seluas 180.000 hektare, pembangunan ibu kota baru itu akan dimulai pada tahun 2021 dengan Target penyelesaian pembangunan gedung pemerintahan pada tahun 2024.

Kementerian PPN/Bappenas menyampaikan bahwa estimasi total biaya proyek (cost project) dan pembiayaan fisik ibu kota negara mencapai Rp466 triliun.

Estimasi total pembiayaan itu terdiri tiga sumber pembiayaan yakni APBN sebesar Rp74,44 triliun, skema KPBU Rp265,2 triliun, dan swasta melalui skema kerjasama pemanfaatan sebesar Rp127,3 triliun. Sedangkan untuk biaya proyek bandara, pelabuhan dan jalan tol rencana pembiayaannya melalui BUMN.

Sumber : bengkulu.antaranews

Tentang Kami

- Portal Berita Nasional www.sergapbuserpos.com Untuk saat ini kami baru menerbitkan media online SERGAP BUSER POS.com yang di Terbitkan oleh : - - - PT. TRISULA INTER MEDIA - - - Hati-Hati Untuk Para Plagiat...!!! Aturan Hukum Plagiarisme di Indonesia, Penjiplak Bisa Digugat ! Sudah Diatur Dalam Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014. "Dalam Undang-Undang Hak Cipta, plagiarisme ini dijabarkan lagi dalam beberapa istilah seperti mengumumkan, mempublikasikan, atau menjual hasil karya orang lain tanpa seizin dari pemilik karya tersebut, Secara hukum, jika terbukti sebuah karya adalah karya plagiat, bisa dilakukan penuntutan karena termasuk dalam tindakan pidana"

Komentar Anda Dibawah

Kirim Pesan Anda : :

KESEMPATAN.....SERGAP BUSER POS.COM Bagi Pemuda-Pemudi Suka Tantangan Kami Perusahaan Media Massa Membuka Peluang Karier Wartawan/Jurnalis/Biro Untuk Ditempatkan di Seluruh Daerah Indonesia Silakan Hubungi 0811 78 000 57
WASPADA!!! : Wartawan/Reporter SERGAP BUSER POS.com Selalu Dibekali Press Card (Kartu Pers) dan Perlu Diperhatikan Namanya Tercantum di BOX REDAKSI. Apabila Mengaku-ngaku Sebagai Wartawan SERGAP BUSER POS.com dan Namanya Tidak TERCANTUM Serta Menyalahgunakan Demi Keuntungannya Silahkan Menghubungi REDAKSI via Hp : 0852 7998 6145 atau LAPORKAN ke Pihak BERWAJIB Kami Siap Mendukung. Bila Perlu Minta Yang Bersangkutan Membuka BOX REDAKSI SERGAP BUSER POS.com dan Menunjukan Namanya Tercantum. Terima Kasih Atas Perhatian dan Kerjasamanya