Portal Berita Nasional SERGAP BUSER POS.COM Beserta Seluruh KRU Mengucapkan Selamat Dirgahayu Kemerdekaan 17 Agustus 1945-2020 "MAJU INDONESIA"
Published On: Ming, Des 18th, 2016

Harimau Sumatera Terancam, Terakhir Diperbatasan Kab. Muratara

MURATARA, SERGAP BUSER POS.com – Keberadaan habitat Sumatera yang tersebar dikawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) terus terancam. Pasalnya, perambahan hutan atau illegal logging disinyalir menjadi penyebab hewan karnivora ini turun gunung masuk area perkebunan bahkan pemukiman warga, salah satunya yang pernah terlihat diperbatasan wilayah Kabupaten Muratara beberapa waktu lalu.

Selain itu, keberadaan harimau Sumatera seringkali diburu oleh para pemburu bahkan orang tidak bertanggung jawab dengan masuk kawasan TNKS tanpa izin. Dimana Balai Besar TNKS ditahun 2013 mencatat tiga kasus temuan penjualan daging dan kulit harimau pernah terjadi didaerah Muko-muko di Provinsi Bengkulu dan Jambi.

“Kita khawatir yang namanya harimau kalau dia sudah dibawah 20 ekor, maka tinggal kepunahan. Apalagi dengan banyaknya perburuan dan perambahan hutan,” kata Kepala Balai Besar TNKS, Arif Toengkagie.

Dia menjelaskan, pihaknya mencatat sejauh ini jumlah habitat harimau Sumatera yang tersebar diwilayah TNKS berbetasan dengan Jambi, Bengkul, Muratara, Mura dan Lubuklinggau antara 160 sampai 180 ekor.

“Jumlah itu artinya relatif stabil. Dan yang penting habitatnya jangan diganggu, lama-lama harimau akan turun terus,” jelas dia.

Sementara itu, Dirjen Kementerian Kehutanan Republik Indonesia (RI), Bambang Suprianto menjelaskan pihaknya sudah membentuk tim yang melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kejaksaaan dan Polisi untuk menangani izin-izin atau kasus dikawasan tersebut.

“Jadi tim itu akan menanganai kasus-kasus izin penambangan ataupun illegal logging yang ada di TNKS,” jelasnya.

Dia juga mengharapkan, agar masyarakat untuk bersama-sama menjaga kawasan hutan TNKS dari aktivitas illegal logging ataupun tanpa izin. Hal itu diharapkan pula dapat membantu kerja tim dilapangan dalam pengawasan serta pengamanan wilayah TNKS.

Sumber : sumeks.co.id.

Tentang Kami

- Portal Berita Nasional www.sergapbuserpos.com Untuk saat ini kami baru menerbitkan media online SERGAP BUSER POS.com yang di Terbitkan oleh : - - - PT. TRISULA INTER MEDIA - - - Hati-Hati Untuk Para Plagiat...!!! Aturan Hukum Plagiarisme di Indonesia, Penjiplak Bisa Digugat ! Sudah Diatur Dalam Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014. "Dalam Undang-Undang Hak Cipta, plagiarisme ini dijabarkan lagi dalam beberapa istilah seperti mengumumkan, mempublikasikan, atau menjual hasil karya orang lain tanpa seizin dari pemilik karya tersebut, Secara hukum, jika terbukti sebuah karya adalah karya plagiat, bisa dilakukan penuntutan karena termasuk dalam tindakan pidana"

Komentar Anda Dibawah

Kirim Pesan Anda : :

KESEMPATAN.....SERGAP BUSER POS.COM Bagi Pemuda-Pemudi Suka Tantangan Kami Perusahaan Media Massa Membuka Peluang Karier Wartawan/Jurnalis/Biro Untuk Ditempatkan di Seluruh Daerah Indonesia Silakan Hubungi 0811 78 000 57

GRATIS BERLANGGANAN, KLIK


Kesempatan KARIER Wartawan/Jurnalis/Biro untuk Ditempatkan di Seluruh Daerah Indonesia


Media Massa Online

SERGAP BUSER POS.COM

Untuk Lebih Jelas Silakan Hubungi

REDAKSI 0811 78 000 57


WASPADA!!! : Wartawan/Reporter SERGAP BUSER POS.com Selalu Dibekali Press Card (Kartu Pers) dan Perlu Diperhatikan Namanya Tercantum di BOX REDAKSI. Apabila Mengaku-ngaku Sebagai Wartawan SERGAP BUSER POS.com dan Namanya Tidak TERCANTUM Serta Menyalahgunakan Demi Keuntungannya Silahkan Menghubungi REDAKSI via Hp : 0852 7998 6145 atau LAPORKAN ke Pihak BERWAJIB Kami Siap Mendukung. Bila Perlu Minta Yang Bersangkutan Membuka BOX REDAKSI SERGAP BUSER POS.com dan Menunjukan Namanya Tercantum. Terima Kasih Atas Perhatian dan Kerjasamanya