Portal Berita Nasional SERGAP BUSER POS.COM Beserta Seluruh KRU Mengucapkan Selamat Dirgahayu Kemerdekaan 17 Agustus 1945-2020 "MAJU INDONESIA"
Published On: Sen, Jun 11th, 2018

Dinas Pertanian Empat Lawang Siapkan Program Berantas Hama

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Empat Lawang, Hamdan.

EMPAT LAWANG, SBP.com – Hama babi alias bagong, masih mejadi musuh utama para petani di bumi Saling Keruani Sangi Kerawati. Tak jarang para petani atau pekebun di wilayah kabupaten ini, gagal panen hingga merugi puluhan juta rupiah akibat tanaman miliknya dirusak kawanan babi.

Bukan tanpa upaya, para petani di Kabupaten Empat Lawang, sudah berupaya menghalau serangan hama babi, dari mengnap di kebun sampai tanaman misalnya pohon karet tidak bisa lagi diserang hama babi, memburu hingga pada kegiatan ekstrim meracun dan memasang perangkap sling guna mengamankan area perkebunannya dari serangan hama babi.

Namun hingga kini, hama babi tetap menjadi momok yang menakutkan bagi para petani, karena serangan hama ini bisa mengacaukan rancangan para petani yang disusun dan diupayakan bertahun-tahun.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Empat Lawang, Hamdan mmengaku memiliki program untuk mengendalikan hama Babi di wilayah Kabupaten Empat Lawang. Bahkan kata dia, program tersebut siap direalisasikan pada tahun ini juga (2018, red).

“Kita siapkan anggaran untuk memberantas hama babi ini. Satu ekor kita akan beli Rp50 ribu,” ungkap Hamdan saat dibincangi , di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Empat Lawang, Jalan Nurdin Panji Km 7,5 Tebing Tinggi, baru-baru ini.

Tujuannya kata Hamdan, agar para pemburu babi bersemangat melakukan pemburuan hingga akhirnya pertumbuhan hewan babi dapat dikendalikan. “Mereka (para pemburu, red) cukup setor ekor babi, nanti kita bayar,” jelas Hamdan.

Selain menyiapkan anggaran untuk membeli ekor babi, dikatakan Hamdan, pihaknya siap melakukan pembinaan kesejumlah kelompok pemburu babi yang sudah banyak terbentuk di setiap desa-desa dalam wilayah Kabupaten Empat Lawang.

“Salah satu keluhan kelompok pemburu babi ini, mereka kesulitan memasarkan buruannya dan itu sudah kita pikirkan bagaimana nantinya hasil buruan ini, dapat ditampung atau dibeli dengan mencarikan link pemasaran daging babi ini, tentu saja link yang kita ini, dipastikan tidak untuk menyalahgunakan kepercayaan kita pada penggunaan daging babi ini, karena kita tahu mayoritas masyarakat kita muslim,” jelas Hamdan.

Lebih lanjut disampaikannya, dalam waktu dekat pihaknya juga akan menggelar kegiatan buruh babi serentak dengan menggandeng tim pemburu babi dari Kota Pagaralam, sebagai upaya membangkitkan semangat kegiatan buruh babi di Kabuapten Empat Lawang. “Namun waktunya, kita tunggu sampai habis lebaran,” tandasnya. (Jda)

Tentang Kami

- Portal Berita Nasional www.sergapbuserpos.com Untuk saat ini kami baru menerbitkan media online SERGAP BUSER POS.com yang di Terbitkan oleh : - - - PT. TRISULA INTER MEDIA - - - Hati-Hati Untuk Para Plagiat...!!! Aturan Hukum Plagiarisme di Indonesia, Penjiplak Bisa Digugat ! Sudah Diatur Dalam Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014. "Dalam Undang-Undang Hak Cipta, plagiarisme ini dijabarkan lagi dalam beberapa istilah seperti mengumumkan, mempublikasikan, atau menjual hasil karya orang lain tanpa seizin dari pemilik karya tersebut, Secara hukum, jika terbukti sebuah karya adalah karya plagiat, bisa dilakukan penuntutan karena termasuk dalam tindakan pidana"

Komentar Anda Dibawah

Kirim Pesan Anda : :

KESEMPATAN.....SERGAP BUSER POS.COM Bagi Pemuda-Pemudi Suka Tantangan Kami Perusahaan Media Massa Membuka Peluang Karier Wartawan/Jurnalis/Biro Untuk Ditempatkan di Seluruh Daerah Indonesia Silakan Hubungi 0811 78 000 57

GRATIS BERLANGGANAN, KLIK


Kesempatan KARIER Wartawan/Jurnalis/Biro untuk Ditempatkan di Seluruh Daerah Indonesia


Media Massa Online

SERGAP BUSER POS.COM

Untuk Lebih Jelas Silakan Hubungi

REDAKSI 0811 78 000 57


WASPADA!!! : Wartawan/Reporter SERGAP BUSER POS.com Selalu Dibekali Press Card (Kartu Pers) dan Perlu Diperhatikan Namanya Tercantum di BOX REDAKSI. Apabila Mengaku-ngaku Sebagai Wartawan SERGAP BUSER POS.com dan Namanya Tidak TERCANTUM Serta Menyalahgunakan Demi Keuntungannya Silahkan Menghubungi REDAKSI via Hp : 0852 7998 6145 atau LAPORKAN ke Pihak BERWAJIB Kami Siap Mendukung. Bila Perlu Minta Yang Bersangkutan Membuka BOX REDAKSI SERGAP BUSER POS.com dan Menunjukan Namanya Tercantum. Terima Kasih Atas Perhatian dan Kerjasamanya