Portal Berita Nasional SERGAP BUSER POS.COM Beserta Seluruh KRU Mengucapkan Selamat Tahun Baru 2019
Published On: Jum, Jan 4th, 2019

Apakah SMPN Muara Beliti Minta Uang Poto Copy Pungli, Perlukah Diuji ?

MUSI RAWAS, SBP.com – SMP Negeri Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas (Mura), Propinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Surat nomor 421/2471/SMP N MBL/2017 memberitahukan kepada wali murid kelas IX sebanyak 231 siswa/siswi dibebankan iuran sebanyak Rp.30.000,- (tiga puluh ribu rupiah) yang ditanda tangani oleh Kepala Sekolah SMP Negeri Muara beliti Emi Susanti, S.Pd. M.Pd NIP 19710108 199802 1001 dan diketahui Ketua Komite H.Ujang BA serta ditanda tangani juga oleh Dewi Puspitaka, A.Md.

Dikonfirmasi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas Irwan Evendi, M.Pd melalui Kabid Dikdas Hartoyo mengatakan, bila tidak dianggarkan melalui dana BOS diperbolehkan.

“Pungli itu ketika tidak ada ketentuan, penarikan yang tidak ada ketentuan dan kesepakatan apa-apa itu pungli,” bela Hartoyo saat dikonfirmasi Sergap Buser Pos dan B-Lipuse.com diruang kerjanya, Kamis (03/01/2019).

Saat disinggung apakah masuk dalam katagori Saber Pungli iuran yang dilakukan sekolah tersebut Hartoyo menegaskan, bahwa pihaknya tidak bisa menetukan lebih jauh.

“tidak bisa mutuskannya, bila tidak dianggarkan boleh terserah komite bila dianggarkan tentu salah,”tegas Hartoyo.

“Rapat tidak melapor ke kami, persetujuan kami juga tidak, bila poto kopi ijazah sendiri repotkan kira-kira, lebih mudah mereka poto kopi sendiri atau dikoordinir,” elak Hartoyo sembari mengatakan mohon maaf ya lalu berdiri terkesan tergesa-gesa dan tak mau dikonfrimasi lebih jauh.

Sebelumnya Guan Damsi TU SMP Negeri Muara Beliti mengatakan, iuran sudah adanya kesepakatan baik pihak sekolah dan wali murid.

“Wali murid kan neken semua itu ada pernyataannya, sebelumnya mau kami kembalikan duit tiga puluh itu wali murid sanggup semua neken berita acara,” ujarnya

Baca : Jaksa Agung Ingin Pungli Dijerat Pasal Pemerasan, Bukan Korupsi

Baca : Laporkan Pungutan Liar di Sekolah

Baca : Kalau Komite Sekolah Kedapatan Pungut Murid, Laporkan ke Sini!

Baca : ini Dia 58 Jenis Pungli di Sekolah Incaran Tim Saber Pungli Termauk Uang Foto Copy

Namun saat ditanyakan surat berita acara yang disampaikannya dirinya tidak ada atau memegangnya, “Aku tidak pegangnya,”pungkasnya.

Beberapkali Kepala sekolah hendak dikonfirmasi namun selalu tidak ada disekolahan, salah satu staf mengatakan setiapkali wartawan menanyakan, ibu tidak ada.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2012 Tentang Pungutan Dan Sumbangan Biaya Pendidikan Pada Satuan Pendidikan Dasar Pasal 1 Sumbangan adalah penerimaan biaya pendidikan baik berupa uang dan/atau barang/jasa yang diberikan oleh peserta didik, orangtua/wali, perseorangan atau lembaga lainnya kepada satuan pendidikan dasar yang bersifat sukarela, tidak memaksa, tidak mengikat, dan tidak ditentukan oleh satuan pendidikan dasar baik jumlah maupun jangka waktu.(Rizal)

Tentang Kami

- Portal Berita Nasional www.sergapbuserpos.com Untuk saat ini kami baru menerbitkan media online SERGAP BUSER POS.com yang di Terbitkan oleh : - - - PT. TRISULA INTER MEDIA - - - Hati-Hati Untuk Para Plagiat...!!! Aturan Hukum Plagiarisme di Indonesia, Penjiplak Bisa Digugat ! Sudah Diatur Dalam Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014. "Dalam Undang-Undang Hak Cipta, plagiarisme ini dijabarkan lagi dalam beberapa istilah seperti mengumumkan, mempublikasikan, atau menjual hasil karya orang lain tanpa seizin dari pemilik karya tersebut, Secara hukum, jika terbukti sebuah karya adalah karya plagiat, bisa dilakukan penuntutan karena termasuk dalam tindakan pidana"

Komentar Anda Dibawah

Kirim Pesan Anda : :

Karier.....SERGAP BUSER POS.COM memberi kesempatan lowongan kerja Wartawan/Jurnalis/Biro di seluruh daerah Indonesia untuk lebih jelas silakan hubungi 0852 7998 6145

WASPADA!!! : Wartawan/Reporter SERGAP BUSER POS.com Selalu Dibekali Press Card (Kartu Pers) dan Perlu Diperhatikan Namanya Tercantum di BOX REDAKSI. Apabila Mengaku-ngaku Sebagai Wartawan SERGAP BUSER POS.com dan Namanya Tidak TERCANTUM Serta Menyalahgunakan Demi Keuntungannya Silahkan Menghubungi REDAKSI via Hp : 0852 7998 6145 atau LAPORKAN ke Pihak BERWAJIB Kami Siap Mendukung. Bila Perlu Minta Yang Bersangkutan Membuka BOX REDAKSI SERGAP BUSER POS.com dan Menunjukan Namanya Tercantum. Terima Kasih Atas Perhatian dan Kerjasamanya