Portal Berita Nasional SERGAP BUSER POS.COM Beserta Seluruh KRU Mengucapkan Selamat Tahun Baru 2019
Published On: Kam, Sep 7th, 2017

Apa Jadinya PKH Bila Dipotong dan Bagi-Bagi Oleh Oknum ? Silakan Menilainya

MUSI RAWAS, SBP.com – Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) bertujuan guna menuntaskan kemiskinan, pendidikan dan kesehatan yang memenuhi sarat. Namun, apajadinya bila ditemukan pada prakteknya peruntukan daripada dana yang dikucurkan dipotong dan dibagi-bagi oleh oknum yang meraup keuntungan dari program pemerintah tersebut, silakan Aparat Penegak Hukum dan masayrakat sendiri yang menilainya.

Sudah banyak yang konfirmasi terkait isu pungli pendamping kecamatan, bahkan untuk dikecamatan Sumber Harta sudah di rapatkan. Demikian dikatakan oleh Efan Saipani selaku Kepala Bidang, Linjamsos Lindungan dan Jaminan Sosial kepada SBP di Kantor Dinsos Kambupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, Kamis (07/09/2017).

Baca Juga : Dugaan Pemotongan BKH 15% Hingga 20%

Dirinya menerangkan, bahwa anggaran pendamping bersumber dari APBD dan dirinya berdalih kucuran dananya tidak mencukupi.

“Pendamping PKH kecamatan terdiri lima orang pendamping, untuk nama-namanya saya kurang hafal, kalau honor pendamping atau dana melalui dana APBD dianggarkan dari dinsos itu kecil hanya sebesar Rp.300.000,- perbulannya, sedangkan honor dari pusat kurang lebih Rp.2.000.000,- perbulannya,” terangnya.

Menurut Efan pihaknya tidak pernah ada merekomendasikan terkait pencairan PKH.

“Sepengetahuan saya untuk penerima PKH, se Kabupaten Musi Rawas lebih kurang sebanyak 10.000 penerima, kalau untuk perkecamatan saya tidak hafal, perkepala keluarga ditahun 2017 itu sebesar Rp.500.000,-. Kalau untuk kordinator lapangan Dedek Novriansah. Pertriwulannya sebesar Rp.500.000,- pencairan tidak ada rekomendasi dari Dinsos Musi Rawas,”ujarnya

Informasi, PKH merupakan singkatan dari Program Keluarga Harapan, yaitu program perlindungan sosial melalui pemberian uang non tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang memiliki ibu hamil/nifas/menyusui, dan/atau memiliki anak balita atau anak usia 5-7 tahun yang belum masuk pendidikan SD, dan/atau memiliki anak usia SD dan/atau SMP dan/atau anak usia 15-18 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasar.

Peserta PKH akan menerima bantuan apabila menyekolahkan anaknya dengan tingkat kehadiran tertentu, memeriksakan kesehatan dan/atau memperhatikan kecukupan gizi dan pola hidup sehat anak dan ibu hamil.

Program semacam ini secara internasional dikenal sebagai Program Conditional Cash Transfers atau Program Bantuan Tunai Bersyarat.

Tujuan PKH adalah untuk mengurangi angka dan memutus rantai kemiskinan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta mengubah perilaku yang kurang mendukung peningkatan kesejahteraan dari kelompok paling miskin.

Tujuan ini berkaitan langsung dengan upaya mempercepat pencapaian target Millenium Development Goals (MDGs).(Edison)

Editor : Arizal

Tentang Kami

- Portal Berita Nasional www.sergapbuserpos.com Untuk saat ini kami baru menerbitkan media online SERGAP BUSER POS.com yang di Terbitkan oleh : - - - PT. TRISULA INTER MEDIA - - - Hati-Hati Untuk Para Plagiat...!!! Aturan Hukum Plagiarisme di Indonesia, Penjiplak Bisa Digugat ! Sudah Diatur Dalam Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014. "Dalam Undang-Undang Hak Cipta, plagiarisme ini dijabarkan lagi dalam beberapa istilah seperti mengumumkan, mempublikasikan, atau menjual hasil karya orang lain tanpa seizin dari pemilik karya tersebut, Secara hukum, jika terbukti sebuah karya adalah karya plagiat, bisa dilakukan penuntutan karena termasuk dalam tindakan pidana"

Komentar Anda Dibawah

Kirim Pesan Anda : :

Karier.....SERGAP BUSER POS.COM memberi kesempatan lowongan kerja Wartawan/Jurnalis/Biro di seluruh daerah Indonesia untuk lebih jelas silakan hubungi 0852 7998 6145
WASPADA!!! : Wartawan/Reporter SERGAP BUSER POS.com Selalu Dibekali Press Card (Kartu Pers) dan Perlu Diperhatikan Namanya Tercantum di BOX REDAKSI. Apabila Mengaku-ngaku Sebagai Wartawan SERGAP BUSER POS.com dan Namanya Tidak TERCANTUM Serta Menyalahgunakan Demi Keuntungannya Silahkan Menghubungi REDAKSI via Hp : 0852 7998 6145 atau LAPORKAN ke Pihak BERWAJIB Kami Siap Mendukung. Bila Perlu Minta Yang Bersangkutan Membuka BOX REDAKSI SERGAP BUSER POS.com dan Menunjukan Namanya Tercantum. Terima Kasih Atas Perhatian dan Kerjasamanya